วันจันทร์ที่ 20 กรกฎาคม พ.ศ. 2552

Tip Hemat

Tip Hemat
Sampai Akhir Bulan
oleh: Taufiq
Saatnya Anda mengelola kondisi finansial dengan lebih cermat sehingga tidak perlu ada pikiran untuk mencari lebih secara HARAM.Ingatlah beberapa hal di bawah ini:
1. Perkirakan jumlah biaya Dalam sebulan.hitunglah berapa juta rupiah yang Anda perlukan untuk membiayai hidup Anda. Buat perkiraan itu tanpa menghiraukan apakah Anda sedang 'kaya' (bila ada tambahan penghasilan) atau 'miskin' (tanpa tambahan apa pun). Setelah itu, munculkan angkanya.
2. Buat anggaran dan catatanUntuk memperoleh anggaran, Anda harus menghimpun catatan pembelanjaan untuk sebulan atau 2 bulan. Ini akan memberi Anda petunjuk berapa banyak uang yang Anda perlukan setiap bulan. Banyak sistem yang mudah, tapi yang paling sukses adalah yang Anda lakukan dengan penuh kejujuran.
3. Jangan besar pasak daripada tiang Artinya, anggaran Anda tak boleh lebih besar ketimbang pendapatan. Sebuah anggaran adalah serangkaian pembelian yang terencana. Tentu saja, harus disesuaikan dengan besarnya penghasilan Anda.
4. Gunakan Celeng Salah satu kegunaan Celeng adalah untuk menyimpan uang Anda, supaya tidak selalu tersimpan di dompet dan menggoda untuk dihabiskan. Uang untuk keperluan berkala dan tahunan mestinya Anda tabung supaya Anda masih bisa memperoleh manfaat suatu saat kelak.
5. Tanggung jawab Resep apa pun dalam keuangan tak akan pernah berhasil bila Anda melalaikan tanggung jawab. Artinya, Anda harus ingat akan kewajiban mengelola uang ini dan berhati-hati membelanjakannya. Akhirnya, ini cuma TIPS, selanjutnya tergantung pada kita sendiri, bagaimana mengaplikasikan Tips diatas dalamkeseharian kita. Wallahu a'lam.
Sumber ; http//www.ar-raniry.com

ไม่มีความคิดเห็น:

แสดงความคิดเห็น