วันจันทร์ที่ 20 กรกฎาคม พ.ศ. 2552

Berita

Demonstrasi Mahasiswa UKM Dukung Muslim Thailand
Friday, 10 July 2009 18:05
Demonstran mendesak diwujudkan sebuah lembaga bantuan khusus untuk mengumpulkan dana bagi kaum Muslim di Pattani, Thailand Selatan

Hidayatullah.com--Sekitar seratus mahasiswa Islam Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM) dan beberapa mahasiswa dari universitas di Malaysia, berdemonstrasi mendukung Muslim Thailand, selepas sholat Jum’at (10/7). Acara yang berlangsung di halaman Masjid Universiti UKM, Bangi, Malaysia ini selain menampilkan orasi-orasi mendukung perjuangan Muslim Thailand Selatan, juga memampang spanduk dan semacam potongan-potongan mayat yang dibungkus kain kafan.
Mohd Idris Mohd Yussoff, Presiden Ikatan Studi Islam UKM, menyatakan bahwa mahasiswa-mahasiswa Islam di UKM dan universitas lainnya haruslah memberikan dukungan kepada perjuangan Muslim Thailand. Selain itu, pemerintah Malaysia dan negara-negara tetangga tidak boleh berdiam dengan kondisi Muslim Thailand yang mengenaskan. “Lebih dari 3000 Muslim Thailand Selatan sejak tahun 2004 telah terbunuh.
Laporan-laporan di media massa hanya melaporkan sebagian korban kaum Muslimin di sana. Para imam dan jamaah masjid beberapa kali diculik dan tidak tahu hilang ke mana mereka,” tegas salah seorang demonstran dari Pattani. “Dulu tahun 1954 Haji Sulung dari Pattani telah meminta otonomi kepada kerajaan Inggris. Tapi tidak tahu nasibnya meninggal kemana, dibunuh oleh tentara kerajaan Thailand,” kata seorang demonstran. Mereka juga mendesak agar diwujudkan sebuah lembaga bantuan khusus untuk mengumpulkan dana bagi kaum Muslim di Pattani, Narathiwat, dan Thailand Selatan lainnya.
“Bila masalah Gaza Palestina menjadi perhatian seluruh dunia, maka seharusnya Thailand Selatan yang merupakan negara terdekat kita menjadi perhatian kita bersama. Mereka adalah seaqidah dengan kita,” teriak seorang demonstran yang lain. Selain itu para demonstran mendesak agar pemerintah Thailand menghentikan keganasan terhadap kaum Muslimin dan segera memberikan hak otonomi kepada Thailand Selatan.
Sumber: http//www.hidayatullah.com

ไม่มีความคิดเห็น:

แสดงความคิดเห็น