วันศุกร์ที่ 17 กรกฎาคม พ.ศ. 2552

SEJARAH SINGKAT PETIDAM
PENDAHULUAN:
Pengajian Tinggi Islam Darul Maarif ( PETIDAM ) Patani merupakan mata rantai perkembangan pendidikan yang tidak terlepas dari lembaga pendidikan yang mendahuluinya, yaitu bahagian Sanawi/ Aliyah Ma’ahad Darul Ma’arif Patani. ( lembaga pendidikan Ma’ahad Darul Ma’arif Patani berkedudukan di bawah naungan Majelis Agama Islam Wilayah Patani, didirikan pada tahun 1971 M. ).
Lahirnya program stadi kuliah bermula dari beberapa factor yang mendorong antaranya; ( 1 ). Untuk memenuhi kebutuhan pelajar lulusan di tingkat Sanawi/ Aliyah yang tidak berkesempatan dan tidak mampu melanjutkan pendidikannya di mancar negara/ luar negeri khususnya, dan masyarakat Melayu Islam Patani umumnya. ( 2 ). Dengan memandang para tenaga edukatif yang berkecukupan dan memadai, yang telah menyelesaikan pendidikannya dari berbagai mancar negara, baik di Timur Tengah maupun di kawasan Asia Tenggara dengan berbagai bidang disiplin ilmu pengetahuan keislaman, khususnya program stadi tarbiyah dan dakwah. ( 3 ). Minimnya Perguruan Tinggi berbasis Islam di kawasan Selatan Thai, untuk mencerdaskan kehidupan anak bangsa sehingga mampu mengarungi dunia modern yang penuh kompetisi.
Dengan ini, diadakan program kuliah dalam rangka menyediakan tenaga ahli dalam bidang ilmu pengetahuan keislaman yang sangat diperlukan oleh masyarakat dan bangsa Patani.

SEJARAH LAHIRNYA PETIDAM:
PETIDAM adalah merupakan sebuah lembaga pendidikan tinggi Agama Islam yang keberadaan, eksistensi, dan operasionalisasinya berada dibawah naungan lembaga pendidikan Ma’ahad Darul Ma’arif Patani dan Majelis Agama Islam Wilayah Patani. Berperan menjalankan tugasnya untuk mencetak putra – putri bangsa yang cakap, terlatih, berbudi luhur( akhlak mulia ), dan memiliki daya saing yang mampu mengarungi dunia modern yang penuh kompetisi.
Dari serangkaian proses yang cukup panjang dengan memandang faktor-faktor tersebut di atas. Pada tahun 1990 M. para pimpinan Ma’ahad Darul Ma’arif berkeputusan membuka program Pengajian Tinggi sebagai lanjutan dari pendidikan Sanawi/Aliyah dalam rangka memenuhi hasrat dan cita-cita para lulusan Sanawi/Aliyah dan masyarakat Patani. Dan dinamakan Program pengajian ini “ Diploma Tarbiyah” , dengan menawarkan hanya satu (1 ) program studi yaitu “ Kependidikan Islam” sebagai priode perintisan dan pembentukan ( awal ).
Dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan majunya pendidikan Islam pada masyarakat Melayu Islam Patani serta meningkatnya kebutuhan peserta didik akan pendidikan Islam, pada tahun 1995 M. sebagai priode perubahan dan pengembangan, maka program Diploma Tarbiyah mengubah status dan namanya menjadi “ Pengajian Tinggi Islam Darul Ma’arif ” dengan singkatan nama “ PETIDAM” , serta membina dan mengembangkan jurusan dakwah dengan program studi “ Manajemen Dakwah ” .
Jenjang pendidikan di bangku PETIDAM hanya selama tiga ( 3 ) tahun ( 6 semester ), dengan predikat ijazah sarjana “Diploma”.
Sekarang PETIDAM mempunyai dua ( 2 ) jurusan, yaitu;
1. Jurusan Tarbiyah program studi Kependidikan Islam
2. Jurusan Dakwah program studi Manajemen Dakwah

3 ความคิดเห็น:

  1. Assalamualaikum..
    Selamat Hari raya Aidilfitri kepada semua saudara-saaudari di PATIDAM..
    dari bekas pelajar ma'had darul maarif angkatan 26.. dari Cairo..

    ตอบลบ
  2. Assalamualaikum..
    Hiduuuup!!! PETIDAM...
    Dari Angkatan 35 ...dari Indonesia...

    ตอบลบ
  3. Hiduuup!!!!!! PETIDAM.....Bergerakanlah selagi mana kamu masih punya waktu!!.....
    Dari Angkatan 35 (Indonesia)...Hiiiiidup!!!!!

    ตอบลบ